Selasa, 02 Maret 2010

manusia mahluk sosial

Hidup merupakan anugerah hadiah yang diberikan oleh Yang Maha Kuasa, pada saat manusia membuka mata untuk pertama kali, itu merupakan hal yang tak terlupakan dimana tangisan bayi disertai tawa bahagia. Manusia diciptakan sederajad yaitu sama dihadapan-Nya karena manusia bila meninggal tidak membawa apa-apa. Peran manusia tidak lepas dari keluarga, lingkungan, dan pribadinya sendiri., dari awal dilahirkan sampai akhir menutup mata selalu memutuhkan bantuan sebagai contoh membutuhkan dokter untuk melahirkan dan membutuhkan orang lain pada saat menguburkan. Manusia diciptakan untuk saling mengenal oleh karena itu manusia disebut mahluk sosial atau bermasyarakat. Merupakan mahluk sosial yaitu tidak dapat hidup dengan sendirinya saling ketergantungan dan membutuhkan satu sama lain. Dorongan dalam masyarakat yang dibina sejak lahir seperti dalam keluarga akan selalu menampakkan dirinya dalam berbagai bentuk, karena itu dengan sendirinya manusia akan bermasyarakat dalam keidupannya. Dalam keluarga manusia memiliki ikatan yang mengikat sehingga akan selalu membantu bergotong-royong dan bertenggang rasa satu sama lain. Manusia akan membentuk kepribadian dasar dalam keluarga sebelum ke lingkungan luar. Menurut Nursid Sumaatmadja (2000) kepribadian adalah keseluruhan prilaku individu yang merupakan hasil interaksi antara potensi-potensi bio-psiko-fiskal (fisik dan psikis) yang terbawa sejak lahir dengan rangkaian situasi lingkungan, yang terungkap pada tindakan dan perbuatan serta reaksi mental psikologisnya, jika mendapat rangsangan dari lingkungan. Dia menyimpulkan bahwa faktor lingkungan juga ikut berperan dalam pembentukan karateristik yang khas dari seseorang.

Interaksi sosial berasal dari kata inter dan action. Menurut para ahli interaksi sosial adalah hubungan timbal balik saling mempengaruhi antara individu, kelompok sosial dan masyarakat. interaksi adalah proses dimana manusia berkomunikasi saling pengaruh dan mempengaruhi dalam pikiran dan tindakan. Seperti kita ketahui , bahwa manusia dalam kehidupan sehari-hari tidaklah lepas dari hubungan satu dengan yang lain. Interaksi antar individu terjadi ketika dua orang bertemu interaksi dimulai yaitu dengan tegur sapa saling menegur, berjabat tangan, saling bericara atau bahkan mungkin saling berkelahi.

Sebagai individu manusia memiliki unsur jasmani dan rohani, atau jiwa dan raga, seseorang dikatakan sebagai manusia individu apabila unsur-unsur tersebut menyatu dalam dirinya. Menurut para ahli Setiap manusia diciptakan berbeda-beda memiliki ciri masing-masing, tidak ada manusia yang persis sama. Setiap manusia memiliki kepribadian yang berbeda-beda yang dipengaruhi oleh faktor bawaan (genotip) dan faktor lingkungan (fenotif) yang saling berinteraksi terus-menerus. Dari zaman dulu peran manusia sebagai individu adalah untuk dapat bertahan hidup dari segala macam keadaan yang ada baik atau buruk. Oleh karena itu manusia harus bersaing untuk mendapatkan hidup yang layak dengan megembangkan setiap potensi yang ada pada dirinya, karena tidak ada sesuatu yang datang tanpa perjuangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar